Selasa, 09 Desember 2014

Leader

Leader pada dasarnya adalah Line yang menghubungkan kenur utama kita dengan umpan, bisa berupa Jig, Popper atau Live Bait dan berguna sebagai shockbreaker (peredam kejut) saat terjadi Hit. Jadi leader posisinya selalu paling dekat dengan umpan. Bahan untuk leader umumnya menggunakan Mono atau Fluorocarbon.
Bagian kenur kita yang terletak paling ujung selalu mendapat tugas paling berat, karena kemungkinan bagian ini akan kena gigit, bergesekan dengan badan / sirip ikan, bergesekkan dengan lunas kapal, bergesekkan dengan karang, dll. Oleh karena itu digunakanlah leader / tali pandu. Leader biasanya berkekuatan lebih besar dari kenur utama karena tugasnya yang lebih berat seperti yg disebut diatas.
Dalam peraturan IGFA maupun FORMASI, menentukan bahwa panjang leader maksimum untuk kelas kenur 10 kg dan lebih kecil adalah 4,57 meter. Untuk kelas kenur 15 kg dan lebih adalah 9,14 meter. Penggunaan leader dibolehkan tapi tidak diharuskan. Jadi untuk turnamen atau pencatatan rekor boleh pakai leader boleh juga tidak. Jika dipakai, tentu saja harus mengikuti ketentuan yang digariskan
Panjang leader yang standart / umum adalah 2x s/d 3x panjang joran dengan kekuatan leader 1,5x s/d 2x main line. Tentu saja ini bukan patokan mutlak. Perlu diingat makin panjang leader atau makin besar ukuran leader, makin jelek action umpan dan sebaliknya makin pendek leader dan makin kecil ukuran leader, makin bagus action umpan. Jadi terserah anda, mau aman menggunakan leader besar dan panjang atau mau strike lebih banyak dengan leader ukuran kecil dan pendek dengan resiko putus. Untuk target ikan bergigi tajam (tenggiri, wahoo, barracuda, dogtooth) diperlukan leader kawat agar tidak putus tergigit. Kawat multistrand lebih fleksibel sehingga memungkinkan gerakan umpan lebih alami tapi ukurannya juga lebih besar dibandingkan kawat single strand. Untuk trolling umpan buatan umumnya digunakan kawat multi strand. Kawat single straind kadang digunakan untuk umpan jahit atau ngoncer tenggiri.


Material / Bahan Leader
Bahan leader bisa bermacam macam sesuai dengan tugasnya. Yang paling umum adalah kenur monofilamen (ini ada yg lunak dan keras), kawat tunggal (mis: Malin, Piano wire), kawat multistrand (7X1, 7X7, dll), Kawat Titanium, dan Fluorocarbon.

Pada umumnya rangkaian untuk leader dibuat dengan urutan :
Main Line - Leader - (Necklin) - Solid Ring - Split Ring - Hook / Jig / Popper.
 
Referensi :http://balancedtackle.blogspot.com/2011/12/fishing-tackle-4-leader.html

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download