Selasa, 03 Maret 2015

AKSI DONOR DARAH CAS


komunitaspemancingsemarang.blogspot.com - Minggu tanggal 15 Februari 2015 anggota CAS mengadakan aksi donor darah. Suatu kebanggan tersendiri terhadap CAS yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi antar sesama, salut dan saya acungkan jempol kalian semua..... dan dengan adanya aksi donor darah ini semoga apa yang telah terlaksana bermanfaat bagi yang membutuhkan dan barokah bagi kita semuanya....amin
Alasan Perlu Donor Darah
Darah merupakan salah satu organ penting manusia yang memiliki fungsi sebagai pengangkut oksigen serta sari makanan, pengatur suhu tubuh dan juga pertahanan tubuh.

Alasan  kita perlu menyumbangkan darah, antara lain:
1.  Kebutuhan darah tinggi.
2. Peningkatan keganasan penyakit (pada ibu hamil sebesar 42% karena pendarahan)  selain itu kasus 
     bedah, thalasemia (hemoglobin terganggu), hemofili (darah sulit membeku) dan kecelakaan.
3. Darah belum bisa dibuat.
4. Jumlah darah dalam tubuh banyak.

Keuntungan donor darah yaitu:
1. Donor darah sama dengan donor organ
2. Darah dapat regenerasi sehingga tidak akan habis
3. Donor diambil hanya 11% dari total volume 350ml. Donor darah tidak melemahkan badan.
4. Donor darah hanya membutuhkan waktu 15 menit
5. Satu donor dapat membantu 1-3 pasien

Syarat mutlak menjadi pendonor adalah berat badan minimal 45kg, HB normal yaitu 12,5gr %, sehat relatif usia lebih ari 17 tahun, darah bebas dari sifilis, HIV, hepastitis B dan hepatitis C, tidak haid, tidak puasa dan tekanan darah normal. Sebaiknya jarak mendonorkan darah minimal setelah 10 minggu.

Donor darah sekarang  dapat dilakukan di mana saja seperti di kantor PMI, mall, kantor dan kampus. Namun, masih ada masyarakat yang enggan melakukan donor darah karena beragam alasan. Kekhawatiran yang menghambat niat mendonor darah antara lain:
1.    Tidak tahu di mana bisa donor
2.    Takut sakit, tertular infeksi
3.    Tidak ada waktu
4.    Jauh
5.    Menunggu lama
6.    Pernah ditolak
7.    Pernah kesakitan
8.    Petugas kurang ramah
 
 
Ada beberapa keuntungan ketika kita donor darah, saat ini kegiatan donor darah banyak dilakukan di berbagai tempat seperti mal, kantor, kampus, bahkan tempat ibadah. Mungkin ada beberapa di antara Anda yang ingin mendonorkan darah pada orang yang membutuhkan, tapi masih merasa takut. Sebenarnya Anda tidak perlu takut melakukan donor darah. Prosedur mendonorkan darah mudah, tidak memakan waktu, dan tidak menyakitkan. Asalkan Anda memenuhi syarat, kenapa tidak ikut membantu sesama manusia? Apalagi dengan mendonorkan darah, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh, diantaranya:

• Penelitian menunjukkan bahwa mendonorkan darah secara rutin bisa menurunkan risiko serangan jantung dan bahkan kanker. Diperkirakan risiko penyakit menurun karena kadar zat besi dalam darah menurun.

Zat besi memengaruhi kekentalan darah dan kadar zat besi yang tinggi menyebabkan darah lebih kental serta mempercepat pembentukan kolesterol sehingga meningkatkan risiko terkena gangguan kardiovaskular. Karena mendonorkan darah berakibat menurunnya kadar zat besi tubuh, maka donor darah secara rutin akan melindungi Anda dari risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association menyebutkan kelompok orang-orang berusia antara 43 – 61 tahun yang rutin jadi donor darah tiap 6 bulan lebih jarang terkena stroke dan serangan jantung.

• Hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute juga mengaitkan kelebihan kadar zat besi dengan meningkatnya risiko kanker karena zat besi diyakini berperan dalam kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

• Konon, ‘efek samping’ donor darah adalah tubuh akan membakar kalori lebih banyak akibat harus bekerja mengganti sel-sel darah merah yang ‘diambil’. University of California San Diego memperkirakan sekitar 650 Kalori dibakar untuk tiap 570 ml darah yang diambil.

• Anda bisa sekalian cek kesehatan. Sebelum darah diambil, petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti mengukur berat badan, tekanan darah, denyut nadi dan kadar hemoglobin, plus Anda akan diberitahu jika setelah diperiksa di laboratorium ternyata darah Anda terinfeksi penyakit. 
 

Donor darah juga mempunyai manfaat, Ada 22 manfaat dengan mendonorkan darah kita seperti yang disebutkan dalam acara "A Drop for Hopes", sebuah acara peringatan hari donor darah sedunia tanggal 14 Juni 2013. A Drop for Hopes merupakan kerjasama Tupperware dengan Palang Merah Indonesia yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai manfaat donor darah.

Apa saja manfaatnya?
1.  Bentuk kepedulian terhadap sesama
2.  Memperpanjang hidup oran lain
3.  Membantu hidup orang lain
4.  Satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
5.  Membantu menurunkan berat badan
6.  Membantu membakar kalori
7.  Deteksi dini resiko kesehatan
8.  Melindungi jantung
9.  Mencegah stroke
10. Mengatur kontrol kesehatan
11. Meningkatkan sel darah merah
12. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
13. Meningkatkan kesehatan psikologis
14. Membantu sirkulasi darah
15. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
16. Menurunkan zat seng dalam darah
17. Memperbaharui sel darah baru
18. Mencegah resiko kesehatan
19. Mencegah penyakit langka
20. Menghilangkan kaku di pundak
21. Mengalahkan kelebihan zat besi
22. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individu
 
Berikut adalah ekpresi anggota CAS dalam acara aksi donor darah
 





















 

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download