Selasa, 09 Desember 2014

Lure / Umpan

komunitaspemancingsemarang.blogspot.com - Umpan / Lure adalah suatu benda untuk menarik perhatian ikan agar mengejar / menggigit / memakan sehingga terjadi strike.

Kategory umpan
a. Live Bait atau Umpan Alami yaitu ikan, kodok, cumi, dsb
b. Artificial Lure atau Umpan Tiruan yaitu Jig, Popper, Minnow
c. Processed Bait atau Umpan Olahan yaitu sering digunakan untuk umpan mancing kolam galatama

Type of Artificial Lure
a. Surface Lures / Top Water Lures.
Umpan yang di desain untuk mentrigger strike dipermukaan air. Umpan ini adalah semua jenis umpan yang dipergunakan untuk bermain dipermukaan air.

b. Subsurface Lures
Umpan yang bermain dibawah permukaan air, umpan ini pada dasarnya mengapung, tapi kalau ditarik maka dia akan menyelam sedikit dibawah permukaan air.
c. Diving Lures
Umpan yang menyelam dan hampir semua "diving lures" adalah mengambang dan jika ditarik akan menyelam. Tipe ini akan menyelam lebih dalam kalau ditarik dibandingkan dengan "subsurfaces lures".
Kedalaman umpan ini menyelam sangat tergantung desain bibir umpan buatan ini, semakin lebar bibirnya semakin dalam umpan ini menyelam kalau di retrieve.

Artificial Lure
a. Jigs
Jig adalah umpan buatan dari logam dan biasanya dikawinkan dengan single hook (assist Hook). Dan biasa juga dilengkapi dengan berbagai atribut seperti bulu binatang dari bulu, karet, plastik dan bebagai material sintetis lainnya yang mudah diganti atau ada yang bersifat permanen.

Type Of Jigs
1. Tail-weighted jigs
Bentuk dari jig model ini lebih berat dibagian belakang jig tersebut, dengan bentuk jig seperti ini cenderung untuk turun lebih cepat ke dasar.
Contoh Jigging Master Rocket Jig
2. Centre-weighted jigs
Bentuk jig model ini berat jig sebagain besar berada ditengah, sehingga turunnya jig akan seperti miring kesamping, sliding atau bergerak berkibar dan hal ini terjadi tergantungdari sudut, panjang dan lebar jig tersebut.
Contoh Shimano Centervortex
 3. Jigs Head
Jig dengan berat dikepala sebenarnya adalah mata kail yang diberi pemberat dengan berbagai macam bentuk, ukuran kail, berat dan warna, yang semua dikondisikan untuk memancing pada daerah tertentu.
b. Spoon
Lure ini terbuat dari metal agak lengkung dan berbentuk hampir seperti lengkungan sendok makan.
c. Spinner
Lure ini mempunyai Blade yang akan berputar saat masuk kedalam air, efek dari putaran ini yang akan membuat ikan tertarik karena seperti ikan yang sekarat.
d. Crankbait
Umpan ini menyerupai ikan dan ketika didalam air akan membuat beberapa gerakan yg tidak stabil dikarenakan bentuk lidah yg panjang.
Contoh Berkley CrankBait Flicker Shad

e. Popper
Popper adalah umpan tiruan yang berjalan dipermukaan air dan jika ditarik akan mengeluarkan suara cipratan air. Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak diciptakan popper baru yang mempunyai bentuk menyimpang dari bentuk awal popper.

Type Of Popper
1. Chugger
Popper type ini biasanya mempunyai diameter mulut mangkoknya yang lebih besar untuk menimbulkan bunyi serta cipratan air yang besar. Makin besar mangkoknya, makin besar efek yang dihasilkan tapi makin perlu tenaga ekstra untuk menghentak. Chugger mengeluarkan suara cipratan air yang keras waktu disentak dan cocok dipakai pada saat air agak tenang. 
Contoh Yo Zuri Shashimi Bull SW

2. Pencil
Popper type ini mempunyai mulut yang rata-rata lebih kecil dari lebar badan popper, dimana badannya berbentuk seperti pensil dengan mulut mangkoknya kecil. Pencil lebih streamline bentuknya sehingga lebih sedikit hambatan angin yang terjadi dan lebih baik digunakan untuk kondisi lemparan melawan angin dan air agak bergolak.
Contoh Yo Zuri Shashimi Pencil SW

3.Swimbait / Stickbait
Popper type ini adalah tipe popper yang dapat bergerak zigzag atau bergerak menyerupai ikan hidup. Mulut poper bisa berbentuk rata ataupun berbentuk seperti tipe pencil.
Contoh Yo Zuri Shashimi Slider


f. Minnow
Lure ini mempunyai lidah di depannya. Ada yang panjang ada yang pendek. Lure ini sangat bervariatif, tapi pada dasarnya lure ini sifatnya 

Floating : Yo Zuri Tobimaru
Sinking : Yo Zuri Cristal Minnow
Suspending : Yo Zuri Cristal Minnow
Deepdive. : Yo Zuri Cristal Minnow 











g. Soft Bait
Lure dengan bahan dasar karet, lunak dan keyer-keyer kenyal, lure ini banyak bentuk, ada yg berbentuk ikan-ikanan, cacing, udang, dll. 





h. Squid
Lure khusus untuk mancing cumi, lure ini berbentuk udang-udangan. 
Contoh Surecatch Cimo Squid


i. Fly
Jenis lure khusus untuk Flyfishing disebut Flies: umpan meniru serangga.




Referensi :
http://balancedtackle.blogspot.com/2011/12/fishing-tackle-6-lure-umpan.html
http://4.bp.blogspot.com/-_oD8njMwJqM/UMIaHMiv9LI/AAAAAAAAARU/6zmO4GoYL-E/s1600/rapala-lures.jpg

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Download